-->

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran. Asesmen ini digunakan untuk mengukur kompetensi mendasar atau minimum untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Asesmen ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat mengangkat mutu peserta didik. 


Pada AKM ini ada dua kompetensi mendasar yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numeritas). Pada kedua kompetisi tersebut keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta kemampuan memilah serta memilih informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.


AKM ini menerapkan metode “Teaching at the right level” yaitu pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian murid sehingga murid lebih mudah untuk menguasai materi  yang diharapkan pada suatu mata pelajaran. 


Untuk memastikan AKM mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai dengan pengertian literasi membaca dan numerasi, soal AKM tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu namun berbagai konten, berbagai konteks pada beberapa tingkat proses kognitif. 


Konten pada literasi membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Pada numerasi tes dibedakan menjadi empat yaitu bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar.


Download informasi selengkapnya di sini:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel