-->

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PENYELENGGARAAN ASESMEN NASIONAL (AN) TAHUN 2021

Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Nasional (AN) tahun 2021. AN atau biasa dikenal dengan AKM ini adalah program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. AN/AKM ini merupakan program pengganti UN yang direncanakan akan dilakukan pada bulan September. Terkait dengan hal tersebut, Kemendikbudristek mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 mengenai Asesmen Nasional. Sesuai dengan pasal 12 pada Permendikbudristek tersebut, maka diterbitkanlah Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021.

POS AKM/AN ini berisi petunjuk teknis mengenai persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil AN yang dituangkan lebih detail dalam bentuk Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021. 


POS AN/AKM 2021 ini disusun sebagai acuan bagi Kementerian, Kementerian Agama, Pemerintah Daerah, dan Satuan Pendidikan dalam melaksanakan AN. Adapun ruang lingkup POS AN adalah:

  1. kepesertaan asesmen nasional;

  2. pelaksana asesmen nasional;

  3. penyiapan instrumen asesmen nasional;

  4. pelaksanaan dan penyiapan teknis;

  5. pengolahan dan pelaporan hasil asesmen nasional;

  6. pemantauan dan evaluasi;

  7. biaya pelaksanaan asesmen nasional;

  8. prosedur penanganan masalah dan tindak lanjut;

  9. sanksi; dan

  10. kendala dalam pelaksanaan AN. 


Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lengkap terkait pelaksanaan Asesmen Nasional dapat mengunduh dokumen Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 dan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Nasional (AN) tahun 2021 di bawah ini:



Download POS Penyelenggaraan Asesmen Nasional/ AKM 2021


Juknis AKM 2021 lihat di sini.

Download Latihan Soal AKM SMP di sini.

Download Latihan Soal AKM SD di sini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PENYELENGGARAAN ASESMEN NASIONAL (AN) TAHUN 2021 "

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel