-->

Latihan Soal dan Kunci Jawaban AKM SMP - Literasi Teks Informasi Level 4

 


Latihan soal dan kunci jawaban AKM SMP - Literasi Teks Informasi Level 4. Buat kalian yang ingin mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SMP, ada beberapa level pembelajaran AKM SMP yang perlu dipersiapkan di tiap tingkatnya. Berdasarkan laman resmi Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pembelajaran) dari kemdikbud, ada beberapa level pembelajaran AKM untuk siswa SMP, yang terbagi menjadi 2 level, yaitu level 4 untuk kelas 7 dan 8, yang terdiri atas materi numerasi, literasi teks fiksi, dan literasi teks informasi. Adapun di level 5, untuk siswa kelas 9 dan 10, juga terdiri atas materi numerasi dan juga literasi (teks fiksi dan teks informasi).


Pada kesempatan ini, blog giri-widodo akan berbagi latihan soal AKM Literasi Teks Informasi untuk level 4, yaitu untuk siswa kelas 7 dan 8 SMP. Materi Literasi Teks Informasi ini lebih menekankan ke soal-soal memahami bacaan/teks secara literal, menyimpulkan bacaan, menemukan informasi yang ditanyakan, dan juga menilai dan merefleksi bacaan. Adapun materi dari soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 yaitu:


  1. Menemukan Informasi

  1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

  1. Mencari dan memilih informasi yang relevan

  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

  1. Memahami

  1. Memahami teks secara literal

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

  1. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

  1. Mengevaluasi dan merefleksi

  1. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).

  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

  1. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

  1. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.


Bagi kalian yang ingin belajar soal-soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 untuk SMP, silakan download latihan soal dan kunci jawaban AKM SMP soal literasi di bawah ini.


Lihat previewnya terlebih dahulu di sini:



Download Latihan Soal dan Kunci Jawaban AKM SMP Literasi Teks Informasi Level 4 2021

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Latihan Soal dan Kunci Jawaban AKM SMP - Literasi Teks Informasi Level 4"

  1. Hai kak, terimakasih sudah berbagi, mau tanya apakah untuk akm sd level 3 tidak ada ya kak? terimakasih banyak

    BalasHapus

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel