-->

Surat Edaran (SE) Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

 

Surat Edaran (SE) Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Surat Edaran (SE) Menkes HK.02.01/I/2007/2021 menjelaskan tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan  Pos pelaksanaan vaksinasi untuk usia 12-17 tahun. Surat Edaran tersebut ditetapkan di Jakarta pada 2 Agustus 2021.


Berdasarkan laman yang ada di Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar COVID-19. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, dilaporkan sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif COVID-19 mengalami gejala berat bahkan hingga sampai meninggal dunia.


Untuk melindungi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dari infeksi COVID-19, Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin COVID-19 ke ibu hamil. Upaya pemberian vaksinasi COVID-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).


Surat Edaran Menkes menjelaskan bahwa mulai tanggal 2 Agustus 2021 pemberian vaksinasi untuk ibu hamil mulai bisa dilaksanakan dengan prioritas ibu hamil di daerah risiko tinggi. Vaksin yang dapat digunakan yaitu Pfizer, Moderna, dan Sinovac sesuai dengan ketersediaan. Pemberian vaksin kepada ibu hamil bisa dimulai dari trimester kedua untuk vaksin 1 dan untuk vaksin 2 sesuai dengan interval jenis vaksin yang digunakan pada vaksin 1.


Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun menggunakan vaksin Sinovac yang bisa dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau pos pelayanan vaksinasi yang didirikan di sekolah/madrasah/pesantren. Bagi vaksinasi anak 12-17 tahun menggunakan format skrining kartu kendali anak sebagai syaratnya.


Surat edaran Vaksinasi Ibu Hamil silakan download di sini:



Download Surat Edaran Vaksinasi Ibu Hamil


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Surat Edaran (SE) Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19."

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel