-->

Juknis Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021

Juknis Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021. Juknis pelaksanaan AN/AKM tahun 2021 ini meliputi penjelasan tentang pembagian kewenangan assesmen nasional, perispak dan rencana pelaksanaan assesmen nasional, dan penanganan masalah pelaksanaan assesmen nasional.


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 mengenai Asesmen Nasional, maka Asesmen Nasional atau sering disebut dengan AN akan mulai dilaksanakan pada tahun 2021. AN akan dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang menjadi suple AN harus memahami tentang petunjuk teknis pelaksanaan AN.

Dalam hal juknis AN ini LPMP memiliki peran penting. Maka dalam hal mulai dari koordinasi AN dengan Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, dan satuan Pendidikan, pelatihan proktor/teknisi satuan Pendidikan, posko AN di daerah, pendampingan tindak lanjut AN, diseminasi hasil AN ke Dinas Pendidikan, Kemenag dan Satuan Pendidikan, sampai pada pengawasan AN.


Adapun pelaksanaan AN meliputi:

  1. pendataan peserta dan pengawas;

  2. persiapan dan sinkronisasi;

  3. pelaksanaan AN;

  4. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Asesmen Nasional.


Untuk penjelasan mengenai persiapan dan perencanaan asesmen nasional yang meliputi jadwal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan; kepesertaan (peserta didik maupun kepala satuan pendidikan dan pendidik) pelaksanaan moda semi online dan online; alokasi waktu; hingga infrastruktur TIK pada satuan pendidikan, serta penanganan masalah pelaksanaan AN dapat dilihat dalam juknis AN 2021 yang selengkapnya dapat diunduh pada link dibawah ini:



Download Juknis Asesmen Nasional 2021 (AKM 2021)


Download POS AN/AKM 2021 di sini.

Download Latihan Soal AKM SMP di sini.

Download Latihan Soal AKM SD di sini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Juknis Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel