-->

Tipe Pertanyaan dalam UN Bahasa Inggris dan Strategi Menjawabnya


Tipe Pertanyaan dalam UN Bahasa Inggris dan Strategi Menjawabnya. Ujian Nasional SMP/MTs sebentar lagi tiba. Salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi para pelajar yaitu Bahasa Inggris. Kenapa? Karena sebenarnya Bahasa Inggris mempunyai kemiripan dengan Bahasa Indonesia dari konten materinya namun yang menjadi hambatan dalam menghadapi soal Bahasa Inggris yaitu Bahasanya itu sendiri, permasalahannya yaitu Bahasa Inggris merupakan bahasa yang jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya Bahasa Inggris biasa kita gunakan di lingkungan sekolah. Sulit bagi kita untuk merangkai kalimat dan memahami struktur Bahasa Inggris yang kompleks juga dalam menerjemahkan kalimat serta paragrafnya tidak menyerupai Bahasa Indonesia.


Nah, berkaitan dengan Ujian Nasional kali ini saya akan membuatkan trik untuk menjawab Soal Bahasa Inggris dengan cara mengidentifikasi tipe-tipe soal yang ada lalu kita sanggup mensiasatinya cara menjawabnya walaupun kita tidak mengetahui arti secara keseluruhan. Berikut ini yaitu tipe-tipe soal yang kerap ditanyakan pada soal Bahasa Inggris:

1.
Menanyakan Gambaran Umum teks.       
Contoh
-          What does the text tell us about
-          The text is mostly about ...
-          What is the text about?
Inti dari soal diatas yaitu menanyakan Secara garis besar isi dari teks/bacaan, apa yang dibahas secara keseluruhan. Untuk menjawab tipe soal semacam ini langkah yang kita ambil adalah:
-          Untuk mempercepat waktu kita tidak perlu membaca secara keseluruhan bacaan yang ada, namun kita sanggup membaca secara sepintas dan menemukan subjek/objek pembahasan dari teks tersebut. Biasanya yang menjadi subjek dari bacaan sanggup kita temukan pada kalimat awal dari paragraf pertama.
-          Selanjutnya yaitu kita identifikasi hal sesuatu yang sering muncul pada bacaan tersebut layaknya pelajaran matematika dalam statistika yaitu modus.

2.
Menanyakan Tujuan teks (Fungsi Sosial)
Contoh:
-          What is the purpose of the text?
-          What is the intention of the writer to write the text?
-          The text above is written to ...
Inti dari soal tersebut yaitu menanyakan apa tujuan dari teks yang ditulis tersebut.
Dalam Bahasa Inggris ada setidaknya 5 Genre-text/Functional text yang dimunculkan seperti: Narrative, Recount, Descriptive, Report dan Procedure. Selanjutnya Short functional text seperti: Short message, Announcement, Invitation, Greeting card, Advertisement,label,etc. Untuk menjawab soal tipe ini langkah yang kita ambil yaitu kita harus mengerti kata/kalimat operasional yang sering dipakai dari setiap jenis teks yang ada baik functional text maupun short functional text:

I
Functional texts

1.
Narrative
To entertain/amuse the readers/listeners with...

2.
Recount
To tell/retell the past experiences/activities

3.
Descriptive
To describe ....................... in particular/spesific (khusus)

4.
Report
To Describe ....................... in general (khusus)

5.
Procedure
To tell/describe/explain the way how to ...



II
Short Functional texts

6
Advertisement
To advetise/promote/persuade ...

7
Invitation
To invite ...

8
Announcement
To announce ...

9
Short Message
To inform ...

10
Greeting card
To Praise/to appreciate/congratulate ...

11
Label
To know/to inform ...   (the product detail)


12
Caution
To warn/remind ...

3.
Menanyakan Gagasan Pokok (Main Idea)
Contoh:
-          What is the main idea of the second paragraph?
-          What is the main idea of the last paragraph?
-          What is the main idea of paragraph one?
-          The third paragraph tells us about ...
Tipe soal semacam ini merupakan soal klasik dan tidak hanya terdapat pada Bahasa Inggris saja, namun hampir semua bahasa. Inti dari soal ini yaitu kita diminta mencari wangsit pokok dari suatu paragraf. Langkah yang harus kita ambil adalah
-          Memahami konsep letak gagasan pokok yang ada di awal, selesai maupun adonan (deduktif, induktif, campuran) dan kadang pula kita harus menyimpulkan sendiri isi dari paragraph tersebut.
-          Perbanyak latihan untuk memilih wangsit pokok suatu paragraf.

4.
Menanyakan makna kata, atau persamaan kata(sinonim)
Contoh:
-          The underlined word has the same meaning with ...
-          The word ..... is similar to ...
-          The wors has closest meaning with...
-          The synonym of the bold word is ...
Inti dari soal di atas yaitu kita sanggup mencari dan menemukan sinonim atau persamaan kata dari kata yang dimaksud, misalkan yang digarisbawahi, cetak tebal, dll. Tips yang harus kita lakukan adalah:
-          Perbanyaklah latihan dan drill soal-soal UN, kita akan menemukan dan menjumpai banyak kosa kata sukar dan asing, nah kiprah kita yaitu mendatanya atau menuliskannya selanjutnya menemukan arti dan penggunaan dari kata-kata tersebut. Makin banyak kosa kata yang kita kumpulkan itu artinya itu menciptakan kita lebih siap dalam menghadapi UN Bahasa Inggris lantaran kunci kesuksesan yaitu selain grammar juga kosa kata kita harus lebih banyak.

5.
Menanyakan acuan kata (word reference)
Contoh:
-          The word “it” refers to ... (paragraph 1, line 3)
-          The word “them” refers to ..
Inti dari soal tersebut yaitu kita mengetahui kata ganti (pronoun) yang diberi tanda petik merujuk ke siapa/apa. Yang harus kita lakukan adalah:
-          Kita fokus membaca pada paragraf dan kalimat dimana kata itu berada. Kemudian kita temukan rujukannya pada subjek/objek dari kata/kaliamat sebeumnya.  Contoh: Lions eat meat. They hunt other animals as their preys. Kata “They” merujuk ke “Lions”.

6.
Menanyakan isu tersurat (explicit)
Contoh:
-          When did Cinderella go the the forest?
-          Where did the writer go for camping?
-          What does the foreign tourists do at Sanur Beach?
-          How do they climb the trees?
Inti dari soal-soal tersurat yaitu bahwa soal-soal yang ditanyakan jawabanya terdapat pada teks/bacaan. Langkah yang kita lakukan adalah:
-          Mempelajari rumus 5 W + 1 H (What, When, Where, Why, Who, dan How) Karena biasanya pertanyaan memakai kata tanya tersebut, jadi kita harus mengetahui arti dan penggunaanya.
-          Baca soal dulu terus mencari balasan yang ada dengan kata kunci tertentu dengan cara menghubungkan antara soal dengan bacaan pada teks.

7.
Menanyakan isu tersirat (Implicit)
Contoh:
-          What is the moralvalue of the text above?
-          Based on the text we know that ....
-          What will the readers do after reading the text?
Inti dari soal tersebut yaitu bahwa kita diminta menyimpulkan dan mencari kemungkinan balasan yang ada menurut fakta-fakta yang tertulis. (analisa). Tipe soal ini merupakan salah satu jenis soal yang memakai HOTS (High Order Thinking Skill) atau soal tingkat tinggi yang membutuhkan pikiran sehat siswa. Yang musti kita lakukan adalah:
-          Berlatih mengerjakan soal-soal tipe ini semoga terlatih.
-          Belajar memahami bacaan yang ada dan menarik kesimpulan menurut fakta dan generalisasi yang ada.
-          Contoh soal yang ketiga yaitu follow up atau tindak lanjut sesudah membaca teks, di sini kita diminta untuk kreatif dan analitis terhadap bacaan dan kita harus menawarkan balasan yang masuk akal/logis, lantaran akhir yang terjadi sesudah kita membaca suatu teks.

Demikian Tips dan Trik untuk menghadapi soal UN Bahasa Inggris yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Semoga bisa menjadi bahan refernsi bagi Anda semua. Semangat guys, don't give up!

Sumber: bahasainggrissmp-mts.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tipe Pertanyaan dalam UN Bahasa Inggris dan Strategi Menjawabnya"

  1. Mohon maaf bapak. Dimohon mencantumkan sumbernya. Sepertinya ini artikel saya. Terima kasih.

    BalasHapus

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel