-->

Prediksi PPDB 2018 Tingkat SMP/MTs Kota Yogyakarta


 

PPDB 2018 untuk tingkat SMP/MTs Negeri di Kota Yogyakarta akan berlangsung dalam dua jalur, yaitu jalur prestasi yang diadakan pada tanggal 2-3 Juli 2018 dan memperebutkan sekitar 691 kursi dari total sebanyak 7.200 siswa yang mengikuti USBN di Kota Yogyakarta dan jalur zonasi yang diikuti oleh 16 sekolah negeri di Kota Yogyakarta dengan daya tampung siswa mencapai 2.600 pada tanggal 5-6 Juli 2018. Dari jumlah ini, bisa dipastikan hanya ada sekitar 3.291 siswa yang bisa masuk ke SMP Negeri yang ada di Kota Yogyakarta.

Dari jumlah ini, jika melihat dari Sebaran UN SD tahun 2018, maka kemungkinan siswa yang berpeluang untuk masuk di SMP Negeri adalah para siswa yang memiliki nilai USBN 210,00 ke atas. Walaupun PPDB tahun 2018 ini menggunakan sistem zonasi, namun angka nilai USBN yang bisa masuk sepertinya tidak berubah banyak. Jadi, bagi orang tua siswa yang anaknya mendapatkan nilai dibawah 210,00, alangkah baiknya tetap menyiapkan cadangan masuk ke sekolah swasta yang diinginkan.


Kemudian, satu hal yang harus dianalisis oleh para orang tua/wali siswa pada PPDB 2018 untuk tingkat SMP adalah output/keluaran jumlah siswa yang lulus SD di tahun 2018 ini di Kota Yogyakarta berbanding dengan jumlah siswa SMP/MTs yang lulus pada tahun 2018 juga. Hal ini penting untuk diketahui terutama bagi para orang tua/wali yang nilai putra-putrinya pada USBN 2018 kemarin berada pada nilai yang tanggung dan ada kemungkinan tidak masuk ke sekolah Negeri, sehingga otomatis sekolah swasta mau tidak mau menjadi tujuan sekolah berikutnya.

Setelah melihat hasil sebaran UN/USBN SD 2018 dan sebaran UN SMP 2018 di Kota Jogja, ternyata jumlah siswa SD yang lulus di tahun 2018 ini ada sekitar 7.200 siswa. Sementara itu, jumlah siswa yang lulus SMP/MTs di Kota Yogyakarta pada tahun 2018 ini berjumlah 8.093 siswa.

Dari jumlah tersebut di atas, ada ketimpangan jumlah siswa yang mendaftar di SMP dan kuota/daya tampung sekolah yang ada di Kota Jogja sebanyak 893 siswa. Hal ini berarti bahwa bagi orang tua/wali yang anaknya tidak diterima di SMP Negeri yang ada di Kota Jogja dan ingin mendaftarkan anaknya di SMP Swasta yang ada di Kota Jogja, kesempatan untuk memilih sekolah swasta masih banyak peluangnya. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu yang justru jumlah siswa yang lulus SD melebihi dari Kuota atau daya tampung kelas yang dibuka di sekolah-sekolah SMP/MTs yang ada di Kota Jogja, yang mengakibatkan para orang tua/wali yang mendaftar akhir-akhir periode PPDB sudah tidak mendapat ruang lagi untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMP Negeri maupun Swasta di Kota Jogja.

Di sisi lain, bagi sekolah-sekolah tingkat SMP yang ada di Kota Jogja, tentunya menjadi masalah tersendiri karena kemungkinan sekolah-sekolah swasta yang ada di Kota Jogja akan kehilangan total sekitar 900 an siswa yang tersebar di sekolah-sekolah yang ada di Kota Jogja.

Walaupun Kota Jogja berdampingan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, yang notabene banyak siswa dari dua kabupaten tersebut juga tertarik untuk medaftar sekolah di SMP yang ada di Kota Jogja, namun data yang ada di DIY juga tidak jauh berbeda. Total siswa yang lulus dari SD di DIY dan akan berkompetisi untuk mendaftar di SMP ada sekitar 49.657 siswa. Padahal, jumlah siswa yang keluar/lulus di tingkat SMP/MTs yang ada di DIY ada sekitar 51.244 siswa. Artinya, ada sekitar 1.587 daya tampung yang tidak terisi di sekolah-sekolah yang ada di DIY. Angka ini belum ditambahkan dengan adanya beberapa sekolah yang kemungkinan menambah jumlah kelas baru pada PPDB 2018 ini, dan menambah persaingan untuk mendapatkan siswa di SMP yang ada di DIY semakin ketat.

Namun demikian, ini hanya sebatas ulasan dari data yang ada yang blog giri-widodo cermati dari tahun ke tahun pelaksanaan PPDB 8 tahun terakhir ini. Mudah-mudahan ulasan ini bisa membantu bagi para orang tua/wali yang ingin mendaftarkan putra putrinya baik di sekolah pilihan masing-masing. Dan bagi pihak sekolah, terutama sekolah swasta, mudah-mudahan semua sekolah bisa mendapatkan siswa penuh dan tidak perlu repot lagi mencari siswa di PPDB 2018 ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prediksi PPDB 2018 Tingkat SMP/MTs Kota Yogyakarta"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel