-->

Guru Idola yang Disenangi Siswa?

Ketika mengunjungi blog lain, ternyata ada artikel menarik seputar menjadi sesosok guru yang disenangi siswa. Wah-wah..tentunya pelajaran akan menjadi sangat menyenangkan ketika kita, sebagai seorang guru, bisa mnjadi pribai dan sosok yang menyenangkan.

Berikut beberapa ulasan tentang menjadi guru idola yang tentunya didamba tidak hanya murid, namun guru itu sendiri. So.. Yuk kita lihat artikel yang giri-widodo copy kan dari blog sebelah...

Menjadi seorang guru merupakan sebuah kemulian. Di dalam Agama Islam dan agama-agama lain di Indonesia mengatakan guru mempunyai derajat yang tinggi di Mata tuhannya. Tapi menjadi guru bukanlah perkara yang mudah, waluapun memang tidak juga begitu susah. Guru ada yang disenangi oleh siswa, ada pula guru yang dibenci oleh siswanya.

Apa yang menjadikan guru yang disenangi oleh siswa? kami mencoba untuk melakukan riset kecil bertanya langsung kepada siswa kelas 4 SD sampai kelas 9 SMP. Mereka menyatakan hal-hal yang mereka disenangi dari guru sebagai berikut:


1.     Menguasai Materi Pelajaran
Menguasai materi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, mana mungkin seorang guru akan disenangi oleh siswanya jika pengetahuan guru dibawah pengetahuan siswa. Tapi Jika Anda seorang guru tidak dapat menjawab pertanyaan anak, jangan asal memebrikan jawaban. akui jika Anda belum mengetahui apa yang siswa tanyakan. Mintalah waktu kepada anak untuk Anda mencari Jawabannya.

Mengakui kekurangan kita bukanlah sebuah aib bagi guru yang hebat, karena guru juga ada batas kemampuan. tugas kita hanyalah untuk belajar.

2.     Memahami Metode Pembelajaran
Guru yang memahami metode pembelajaran akan disenangi oleh siswanya. Karena Metode pembelajaran merupakan cara menyampaikan materi pembelajaran dengan benar dan sesuai dengan apa yang di ajarkan.
Misalkan Jika kita sedang mengajarkan materi tentang sistem pencernaan, gunakanlah charta/poster/video/gambar sistem pencernaan yang lengkap (Jika tidak punya gambarlah sendiri dipapan tulis). Jangan mengajarkan sistem pencernaan dengan metode ceramah.

3.     Memahami Gaya belajar Anak
Memahami gaya belajar anak, Ingat setiap orang mempunyai gaya belajar sendiri. tugas kita sebagai guru mengatur bagaimana gaya belajar anak-anak itu dapat saling bersinergi. Gaya belajar ada 3 macam yaitu Audio, Visual dan kinestetik

4.     Memahami psikologi perkembangan anak
Memahami psikologi perkembangan anak merupakan hal sangat penting dalam proses pembelajaran. Tidak jarang banyak guru yang menganggap anak itu nakal, pembangkang dan sebagainya. Belum tentu itu nakal, jadi guru harus mengetahui psikologi perkembangan anak.

Biasanya anak usia 12-17 tahun (remaja), usia SMP-SMA sering melanggar aturan sekolah, guru menganggap ini adalah kenakalan remaja, padahal ini merupakan cara mereka mencari jati diri. mereka beranggapan semakin sering membuat gurunya marah maka mereka akan semakin bahagia. Mereka merasa diperhatikan. Jadi tugas kita sebagai guru, mengarahkan mereka ke hal-hal yang positif dan berikan pujian disaat mereka berprestasi.

5.     Berpenampilan Menarik
Menjadi guru Ganteng atau cantik merupakan takdir dari yang maha pencipta. tapi untuk menjadi guru yang berpenampilan menarik merupakan pilihan kita. belum tentu guru yang ganteng atau cantik itu berpenampilan menarik, begitu juga sebaliknya guru yang berpenampilan menarik belum tentu ganteng dan cantik.

6.     Humoris
Untuk disenangi oleh siswa guru wajib humoris, untuk menjadi guru yang humoris anda harus sering-sering baca lelucon, nonton stand comedy.

Guru yang humoris dapat merebut hati sang anak, anak yang sudah jatuh hati gampang untuk belajar.

7.     Menjadi contoh, mengajak dan bukan menyuruh
Guru yang disenangi oleh siswa merupakan guru yang memberikan contoh atau mengajak bukan menyuruh.
Ingat Apa yang kita lakukan dapat diingat siswa 80% lebih, sedangkan apa yang kita bicarakan/suruh dapat diingat siswa hanya sekitar 20 % saja.

8.     Penyabar, kenakalan anak merupakan bagian sistem pembelajaran
Penyabar merupakan salah satu sifat guru yang sangat disenangi oleh siswa. Anggapla kenalkalan dari siswa merupakan proses pembelajaran. Jika siswa sudah melanggar aturan sekolah hukumlah mereka dengan aturan yang sesuai dan jika mereka berprestasi berikanlah hadiah juga yang sesuai.

9.     Up To date
Biasanya siswa-siswa sangat senang dengan guru-guru yang up to date. Kita memang hidup di zaman dulu, zaman dimana teknologi belum berkembang. sedangkan mereka hidup di zaman di mana teknologi sudah berkembang pesat.
Ibaratnya siswa kita itu berenang di arus yang deras tapi dangkal

10.                        Tidak Gaptek alias gagap teknologi
Guru yang di senangi oleh siswa guru yang mengerti teknologi. Jika Anda masih awan dengan facebook, twitter, Path, Instragram. Dipastikan Anda tidak dapat bergaul dengan siswa-siswa anda.

Belajarlah teknologi buatlah sosial media bergabunglah dengan guru-guru Indonesia di Forum-forum sosial media guru

Mungkin itulah 10 Ciri guru yang disenangi oleh siswa. jika Anda ada yang mau ditambahkan silakan berikan di kolom komentar dibawah ini.

Sumber:http://konsultanmuda.blogspot.com/2015/05/ciri-guru-yang-disenangi-siswa-guru.html?m=1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Guru Idola yang Disenangi Siswa?"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik dan sopan ya. Mohon laporkan kalau ada link mati. Request dan pertanyaan silakan melalui kolom komentar. Salam hangat dari blog giri-widodo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel